Selasa, 14 Juli 2009

Tutorial Total StationTopcon GTS 235 N




Mengukur Tanah???? Wah suatu pekerjaan sekaligus olahraga. Betapa tidak ketika mengukur di siang hari tubuh ini selalu dibasahi keringat karena panasnya sinar matahari, tidak jarang ketika kita melihat orang yang sedang mengukur tanah (surveyor ) warna badannya gelap.
Seringkali kita bertanya – tanya apa sich yang dilakukan para manusia tersebut ketika sedang mengukur tanah? Dilihat gayanya bak’’ seorang kameramen sedang mengambil sebuah objek sesekali berteriak… Kanan… Kiri… Geser dikit… goyang… goyang… teruz…teruz... hoppp… sambil diiringi gerakan-gerakan tangannya ke atas ke bawah samping kanan samping kiri.
Apa sich yang sedang diintip...???? Nah sebelum menjelaskan lebih rinci tentang ukur mengukur (bukan ngukur badan lhoh!!!…) ada baeknya membaca ini terlebih dahulu :
Seseorang atau anda yang mempunyai tanah lebih dari ±10.000 M² atau lebih, ingin mengetahui luas tanah sebenarnya bagaimana cara menghitungnya maupun mengukurnya? Ngga mungkin kan Ngukur pakai pita ukur butuh waktu lama untuk menyelesaikannya belum lagi bila tanahnya berliku-liku seperti pencarian cinta seseorang tiada henti – hentinya eeeee kok malah ngelantur…. Oke kembali lagi soal ukur-mengukur, dibutuhkan suatu alat untuk memudahkan pekerjaan ini yaitu alat theodolite.
Sesuai majunya perkembangan teknologi muncul suatu alat lagi yaitu GPS dan Total Station (TS ) perkembangan dari alat sebelumnya ( theodolite ). Bila yang kita ukur satu kecamatan atau bila perlu pembuatan peta negara sekalipun kita dapat menggunakan citra foto / peta foto.Tapi disini saya akan membahas tentang penggunaan Total Station.
Banyak sekali berbagai merk atau tipe Total Station (TS) salah satunya yaitu merk Topcon GTS 235 N. Total Stasion (TS) adalah Suatu alat yang dapat memperoleh hasil data - data berupa koordinat. Koordinat – koordinat tersebut dimasukkan ke dalam suatu perangkat Lunak komputer yang berbasis Sistem Informasi Geografis ( SIG ). Perangkat lunak yang digunakan yaitu Autocad Land Desktop 2006 dan Top Link ( Software dari Topcon GTS 235N ).
Sementara itu dulu yang saya tulis untuk lanjutannya tunggu aja yach….
x

5 komentar:

  1. halaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahh tanggung bener...

    BalasHapus
  2. minta detailnya dunk om guru...
    email aja yah ke saya : ifebyanno@gmail.com
    watur tengkiuw guru

    BalasHapus
  3. Sempat lupa mas kalo punya blog hehe...
    untuk detailnya silahkan dibaca kembali kelanjutannya.
    Tutorial Topcon Prosedur Pengoperasian.

    BalasHapus
  4. lanjutkan gan artikelnya bagus tuh.

    salam survey

    BalasHapus
  5. kalua detail prosedurnya samapai gimana kalau mau pindah alat dong

    BalasHapus